Analisis Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester; standar kompetensi terdiri atas sejumlah kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapai dan berlaku secara nasional.

Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi.

Standar isi yang  merupakan bagian dokumen I KTSP, kemudian dianalisis pada lampiran SK dan KD yang akan menjadi dokumen II KTSP. Tiap KD harus dianalisis untuk memperoleh Indikator Pencapaian sebagai dasar pengembangan silabus. Indikator pencapaian dalam silabus selanjutnya menjadi acuan dalam penentuan kegiatan pembelajaran, alokasi waktu, jenis dan bentuk penilaian, serta sumber dan bahan pembelajaran. Pengembangan RPP sesuai dengan tuntutan PP 19 Tahun 2005 harus mengacu pada hasil pengembangan silabus. Penentuan tujuan pembelajaran harus sesuai dengan indikator pencapaian, materi pembelajaran diuraikan dari materi pokok dalam silabus, metode pembelajaran menjawab kebutuhan kegiatan pembelajaran, penilaian berisi instrumen yang sesuai dengan jenis dan bentuk penilaian dalam silabus, sementara sumber dan bahan pembelajaran sama dengan yang tertuang dalam silabus.

Realitas menunjukkan bahwa pada umumnya dalam mengembangkan silabus hanya mengutip SK dan KD yang terdapat pada Lampiran Standar Isi (belum melakukan pengkajian/pemetaan kompetensi), karena belum memahami bahwa proses pengkajian dimaksud sangat penting dan bermanfaat untuk merumuskan: indikator pencapaian, materi pokok, kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran, penentuan bentuk dan jenis soal, serta sumber/bahan belajar.

Adapun Langkah-Langkah Analisis SK dan KD

  1. Mengkaji/memetakan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
  2. Merumuskan indikator pencapaian kompetensi
  3. Mengidentifikasi materi pembelajaran
  4. Mengembangkan kegiatan pembelajaran
  5. Menentukan jenis penilaian
  6. Menentukan alokasi waktu
  7. Menentukan sumber belajar

 

#bersambung😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: