Analisis Standar Isi

Standar Isi mencakup lingkup materi minimal dan tingkat kompetensi minimal untuk mencapai kompetensi lulusan minimal pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.

 

Contoh Analisis Standar Isi

(Kerangka Dasar, Sturktur Kurikulum, Beban Belajar dan Kalender Pendidikan)

Komponen

Deskripsi

Kondisi Ideal

Kondisi Riil

Rencana tindak Lanjut

  1. Kerangka Dasar Kurikulum
Memuat:

  1. Tujuan pendidikan
  2. Visi satuan pendidikan
  3. Misi satuan pendidikan
  4. Tujuan satuan pendidikan
Seluruh kerangka dasar kurikulum dikembangkan dengan acuan hasil analisis SKL satuan pendidikan & SKL kelompok mata pelajaran
  • ·  Lebih banyak adopsi pada contoh
  • ·  Belum melakukan analisis SKL satdik & SKL kelompok mapel
Melakukan:

  • analisis SKL satdik
  • analisis SKL kelompok mapel
2. Struktur Kurikulum A.Struktur Kurikulum memuat:1. pola & susunan mapel

2. kebutuhan peserta didik & satdik

3. alokasi waktu tatap muka

4. pemanfaatan 4 jam tambahan

5. jenis mapel mulok

B. KTSP memuat:

1. Mata pelajaran

2. Muatan lokal

3. Kegiatan Pengembangan Diri

4. Pengaturan beban belajar

5. Ketuntatasan belajar

6. Kriteria kenaikan kelas & kelulusan

7. Kriteria penjurusan

8. Pendidikan kecakapan hidup

9. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global

2. Beban Belajar a. Beban belajarb. Penambahan maksimal   jam pembelajaran

c. Alokasi waktu setiap jam   pembelajaran

d. Pelaksanaan Program     Pembelajaran

e. Alokasi waktu PT dan     KMTT

 

a. Beban belajar dinyatakandalam satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik yaitu 38 – 39 jam pembelajaran perminggu dengan penambahan

b. Penambahan jam pembelajaran 4 jam perminggu secara keseluruhan.

c. Alokasi waktu untuk satu

jam pembelajaran adalah 45 menit.

d. Pelaksanaan program pembelajaran melalui kegiatan tatap muka, penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur

e. Waktu untuk PT dan KMTT bagi peserta didik maksimum 60%

a. Jumlah jam pembelajaranperminggu melebihi aturan yang terdapat pada SI

b. Penambahan jam    pembelajaran belum    didasarkan pada analisiskondisi dan kebutuhan    peserta didik, hanya dalam    rangka pemenuhan beban     mengajar guru

c. Sudah sesuai

d. 30% guru belum secara optimal    memanfaatkan waktu pembelajaran untuk kegiatan PT dan KMTT

e. Jumlah beban belajar yang diberikan oleh guru yang menerapkan PT dan KMTT belum sesuai dengan aturan pada SI (melebihi dan memberatkan peserta didik)

 

a. Perlu adanya pemahamankonsep yang terdapat pada SI serta     implementasinya

b. Perlu adanya workshop untuk kegiatan analisis terhadap kondisi dan kebutuhan peserta didik dalam rangka menentukan penambahan jam pembelajaran

c. Guru harus     memperhatikan hasil analisis SK/KD serta kondisi dan kebutuhan    peserta didik  dalam     merancang kegiatan    pembelajaran PT dan     KMTT

 

2. KalenderPendidikan a. Alokasi waktu memuattentang:

-Permulaan tahun ajaran

-Minggu efektif belajar

-Waktu pembelajaran efektif

-Waktu libur

b. Penetapan Kalender     Pendidikan

a. Kalender pendidikandi sekolah secara rinci mendeskripsikan pengaturan alokasi waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran

b. Sekolah menyusun kalender pendidikan sesuai kondisi dan kebutuhan sekolah dengan mengacu pada SI dan      Kalender pendidikan yang    disusun oleh dinas pendidikan

 

a. Sudah sesuaib. Panyusunan Kalender Pendidikan oleh sekolah sering terlambat karena keterlambatan kalender pendidikan yang diterbitkan oleh dinas pendidikan Kab. Perlu masukan kepada dinas pendidikan agar penerbitan Kalender Pendidikan lebih awal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: