Substansi Nilai/Karakter yang ada pada SKL SMP/MTs

No.

Rumusan SKL

Nilai/Karakter

1

Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja

Iman dan taqwa

2

Menunjukkan sikap percaya diri

adil

3

Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas

disiplin

4

Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional

nasionalistik

5

Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif

Bernalar, kreatif

6

Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif

bernalar, kreatif

7

Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya

Gigih, tanggung jawab

8

Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari

bernalar

9

Mendeskripsi gejala alam dan sosial

Terbuka, bernalar

10

Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab

Tanggung jawab

11

Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

Nasionalistik, gotong royong

12

Menghargai karya seni dan budaya nasional

Peduli, nasionalistik

13

Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya

Tanggung jawab, kreatif

14

Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang

Bersih dan sehat

15

Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun

Santun, bernalar

16

Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat

Terbuka, Tanggung jawab

17

Menghargai adanya perbedaan pendapat

Terbuka, adil

18

Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana

Gigih, kreatif

19

Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana

Gigih, kreatif

20

Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah

Bervisi, bernalar

Berikut merupakan contoh nilai-nilai karakter yang dapat ditargetkan untuk diinternalisasi oleh siswa:

  1. Nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan
  • Religius

2.  Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri

  • Jujur
  • Bertanggung jawab
  • Bergaya hidup sehat
  • Disiplin
  • Kerja keras
  • Percaya diri
  • Berjiwa wirausaha
  • Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
  • Mandiri
  • Ingin tahu
  • Cinta ilmu

3. Nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama

  • Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain

  • Patuh pada aturan-aturan sosial

  • Menghargai karya dan prestasi orang lain
  • Santun

  • Demokratis

4. Nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan

  • Peduli sosial dan lingkungan

5. Nilai kebangsaan

  • Nasionalis

  • Menghargai keberagaman

 

Tabel 1.1. Contoh Distribusi Nilai-Nilai Utama ke Dalam Mata Pelajaran

Mata Pelajaran

Nilai Utama

1. Pendidikan Agama

Religius, jujur, santun, disiplin, bertanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan social, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, peduli

2. PKn

Nasionalis, patuh pada aturan sosial, demokratis, jujur, menghargai keragaman, sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain

3. Bahasa Indonesia

Berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif, percaya diri, bertanggung jawab, ingin tahu, santun, nasionalis

4. IPS

Nasionalis, menghargai keberagaman, Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, peduli social dan lingkungan, berjiwa wirausaha, jujur, kerja keras

5. IPA

ingin tahu, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, jujur, bergaya hidup sehat, percaya diri, menghargai keberagaman, disiplin, mandiri, bertanggung jawab, peduli lingkungan, cinta ilmu

6. Bahasa Inggris

Menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada aturan sosial

7. Seni Budaya

Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin tahu, jujur, disiplin, demokratis

8. Penjasorkes

Bergaya hidup sehat, kerja keras, disiplin, jujur, percaya diri, mandiri, menghargai karya dan prestasi orang lain

9. TIK/Keterampilan

Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, mandiri, bertanggung jawab, dan menghargai karya orang lain

10. Muatan Lokal

Menghargai keberagaman, menghargai karya orang lain, nasionalis, peduli

MATRIKS EKSTRAKURIKULER DAN NILAI-NILAI KARAKTER

No. Bentuk Kegiatan Nilai-nilai
1. Pembiasaan Akhlak Mulia Religius, Taat kepada Tuhan YME, Syukur, Ikhlas, Sabar, Tawakkal
2. Masa Orientasi Siswa (MOS) Percaya Diri, Patuh pada aturan-aturan sosial, Bertanggungjawab, Cinta Ilmu, Santun, Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
3. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Percaya Diri, Kreatif dan Inovatif, Mandiri, Bertanggungjawab, Menepati Janji, Berinisiatif, Disiplin, Visioner, Pengabdian/dedikatif, Bersemangat, Demokratis
4. Tatakrama dan Tata Tertib Kehidupan Sosial Sekolah Dapat Dipercaya, Jujur, Menempati Janji, Rendah Hati, Malu Berbuat salah, Pemaaf, Berhati Lembut, Disiplin, Bersahaja, Pengendalian Diri, Taat Peraturan, Toleran, Peduli sosial dan lingkungan
5. Kepramukaan Percaya Diri, Patuh pada aturan-aturan sosial, Menghargai keberagaman, Berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif, Mandiri, Pemberani, Bekerja Keras, Tekun, Ulet/Gigih, Disiplin, Visioner, Bersahaja, Bersemangat, Dinamis, Pengabdian, Tertib, Konstruktif
6. Upacara Bendera Bertanggungjawab, Nasionalis, Disiplin, Bersemangat, Pengabdian, Tertib, Berwawasan Kebangsaan
7. Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Rela Berkorban, Pemberani, Disiplin, Bersemangat, Pengabdian, Toleran, Menghargai Keberagaman, Kebersamaan, Nasionalis
8. Pendidikan Berwawasan Kebangsaan Cinta tanah air, Menghargai keberagaman, Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain, Peduli sosial dan lingkungan, Demokratis, Tidak rasis, Menjaga persatuan, Memiliki semangat membela bangsa/negara
9. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Patuh pada aturan-aturan sosial, Bergaya hidup sehat, Peduli sosial dan lingkungan, Cinta keindahan
10. Palang Merah Remaja (PMR) Bergaya hidup sehat, Disiplin, Peduli sosial dan lingkungan
11. Pendidikan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Percaya diri, Patuh pada aturan-aturan sosial, Bergaya hidup sehat, Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain, Disiplin

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: