PERSIAPAN PENULISAN SOAL UJIAN

  • Penentuan dan Penyebaran Soal

    Setelah menentukan tujuan penilaian dan pokok bahasan subpokok bahasan atau materi sangat penting, maka langkah berikutnya adalah menentukan jumlah soal setiap pokok bahasan atau materi dan penyebaran soalnya. Untuk memudahkan dalam pelaksanaannya, perlu diperhatikan langkah-langkahnya seperti berikut ini.

    1. Menentukan tujuan penilaian. Misalnya untuk penilaian formatif seperti: ujian tengah semester, PR, pemberian tugas; atau penilaian sumatif seperti: ujian akhir semester.

    2. Menentukan kompetensi yang akan diujikan sesuai dengan tujuan penilaian.

    3. Menentukan materi, pokok bahasan penting.

    4. Menentukan jumlah butir soal yang akan diujikan. Penentuan ini didasarkan pada waktu yang tersedia.

    5. Menentukan proporsi soal atau jumlah butir soal pada tengah dan akhir semester (bila untuk penilaian sumatif).

    6. Menentukan proporsi soal atau jumlah butir soal pada setiap pokok bahasan atau pembelajaran.

    7. Menentukan penyebaran butir soal yang diurutkan dan soal nomor 1 sampai dengan nomor terakhir.

    8. Menentukan perilaku yang akan diukur pada setiap materi yang akan diukur.

    9. Merumuskan indikatornya secara tepat, yaitu untuk tes tertulis (bentuk uraian, jawaban singkat, pitihan ganda, atau bentuk tainnya), tes lisan, atau tes perbuatan.

    10. Menuliskannya ke dalam format kisi-kisi tes.

    • Penyusunan Kisi-kisi soal

    Kisi-kisi (test blue-print atau table of specification) merupakan deskripsi mengenai ruang Iingkup dan isi materi yang akan diujikan. Tujuan penyusunan kisi-kisi adalah untuk menentukan ruang lingkup dan tekanan tes yang setepat-tepatnya, sehingga dapat menjadi petunjuk dalam menulis soal Adapun wujudnya dapat berbentuk format atau matriks seperti contoh berikut ini.

    FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL

    Jenis sekolah            : ……………..                        Jumlah soal : …………….

    Mata Pelajaran         : ……………..                        Bentuk soal : ……………..

    Kurikulum                : ……………..                        Penyusun    : ……………..

    Alokasi waktu          : ……………..

    No. Kompetensi yang diujikan Kls/smt Materi Indikator Nomor Soal
    1 2 3 4 5 6

    Keterangan:

    Isi pada kolom 2, 3, dan 4 adalah harus sesuai dengan pernyataan yang ada di dalam silabus/kurikulum. Penulis kisi-kisi tidak diperkenankan mengarang sendiri.

    Kisi-kisi yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

    1. Kisi-kisi harus dapat mewakili isi silabus/kurikulum atau materi yang telah diajarkan secara tepat dan proporsional.

    2. Komponen-komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami.

    3. Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: